Ragam Jenis Desain Atap Bangunan
Terbit : September 20, 2021 | Kat : Tips Atap |

Ragam Jenis Desain Atap Bangunan

Atap rumah menjadi bagian sebuah bangunan yang penting. Memiliki fungsi pelindung bangunan dari hujan hingga sengatan matahari yang terik. Atap rumah memberi rasa nyaman bagi peghuni bangunan. Atap pada konstruksi bangunan yang vital menutupi seluruh bagian sebuah bangunan.

Struktur atau konstruksi pada atap umumnya terdiri tiga bagian utama yaitu : struktur tutup atap, kuda-kuda rangka. Penutup atap didukung dengan struktur rangka atap dengan bagian kuda-kuda, usuk serta reng. Beban-beban atap biasanya diteruskan dalam fondasi balok.

Desain Atap
Beraneka ragam desain atap rumah yang bisa dijumpai serta menjadi pilihan sewaktu membangun rumah, beberapa diantaranya seperti yang KonstruksiBuilding.com informasikan dibawah ini:

  1. Atap Bentuk Pelana
    Bentuk atap rumah ini dianggap paling aman sebab mudah dalam pemeliharaannya. Untuk mendeteksi kebocoran juga mudah. Atap pelana memiliki dua bidang miring dimana tiap ujung atasnya bertemu di satu garis lurus. Sudut kemiringan Atap bentuk pelana antara 30 sampai dengan 45 derajat.
  2. Bentuk Atap Limasan (Perisai)
    Atap bentuk ini bisa dikatakan penyempurnaan dari desain pelana. Bidang atap miring seperti trapezium. Bidang atapnya memiliki bentuk segi tiga yang sudut kemiringannya sama.
  3. Bentuk Atap Kombinasi
    Bentuk atap seperti ini merupakan perpaduan dari atap jenis pelana serta limasan. Ada pula yang menyebut jenis atap ini sebagai tenda patah joglo.
  4. Bentuk Atap Datar
    Model desain bidang datar memanjang biasa diaplikasikan pada atap teras. Sering juga dipakai untuk pembuatan taman pada lantai atas rumah. Atap bentuk datar cukup susah perawatannya terutama sewaktu mendeteksi kebocoran. Yang wajib diperhatikan untuk atap jenis ini yaitu memperhitungkan ruang sirkulasi udara bagian bawahnya agar tidak terlalu panas suhu ruangnya.
  5. Bentuk Atap Sandar
    Atap sandar adalah bentuk desain yang bagian tepi atasnya bersandar pada dinding bangunan (disebut juga kantilever). Bangunan yang memiliki atap rumah sandar pada umumnya merupakan pelindung bangunan tambahan.

KonstruksiBuilding.com akan membantu pemilik rumah/bangunan mencarikan atap berdesain paling anyar sesuai impian pemilik bangunan atau rumah mulai dari atap bening transparan, atap uPVC berwarna putih susu, atau atap spandek P.E.T. Solusi yang KonstruksiBuilding.com tawarkan antara lain, semua yang diperlukan mengenai atap termasuk genteng, insulasi dan aksesoris, serta komponen waterproofing atap datar, semuanya dapat di temukan di KonstruksiBuilding.com.

Dengan pengalaman bertahun-tahun, KonstruksiBuilding.com sangat memahami tantangan yang dapat ditimbulkan proyek renovasi serta solusi terbaik mengatasinya. KonstruksiBuilding.com bisa mengubah atap datar menjadi konstruksi lebih estetik serta ringan. Apapun yang Anda perlukan dari sebuah atap, KonstruksiBuilding.com bisa mewujudkannya.(rsv)

Related Post
uPVC Sebagai Bahan Konstruksi Atap Sandar
Terbit : 21 Oktober 2021

uPVC Sebagai Bahan Konstruksi Atap Sandar

Konstruksi yang umum di Indonesia untuk atap terdiri dalam tiga struktur utama yaitu penutup atap, gording lalu ada rangka kuda-kuda. Beban-beban atap biasanya diteruskan ke fondasi melalui kolom serta balok-balok....
Kelebihan Atap uPVC Evertop
Terbit : 21 Oktober 2021

Kelebihan Atap uPVC Evertop

Atap uPVC Evertop dirancang memakai bahan baku pilihan terbaik, yang menjadikannya mempunyai banyak kelebihan sebagai atap proyek konstruksi atau rumah. Berikut kelebihan dari atap uPVC Evertop: 1.Kokoh dan Mampu Meredam...
Atap Dingin uPVC Evertop
Terbit : 19 Oktober 2021

Atap Dingin uPVC Evertop

Satu jenis bahan atap rumah huni serta bangunan yaitu Unplasticized Poly Vinyl Chloride atau disingkat uPVC. Atap uPVC Evertop dikenal masyarakat serta mulai populer secara luas karena menjadi bahan kanopi...